Pertama di Prodi Statistika FMIPA UNM, Tim PKM Tracer Tembus PIMNAS

Makassar – Pengumuman peserta Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) ke-37 baru saja diumumkan, dan salah satu dari 7 tim dari UNM yang lolos adalah Tim Tracer. Tim ini diketuai oleh Nurul Fajril Ilmah yang berasal dari Prodi Statistika, yang beranggotakan Ajriansyah (Statistika), Wulan Ramadani (Statistika), Yuni Sabrina Effendy (Statistika), dan Tauhid Sidiq Makulau (Pend. Teknik Informatika dan Komputer).

Pencapaian ini merupakan pencapaian penting bagi Prodi Statistika FMIPA UNM, karena sebagai salah satu prodi yang bungsu di FMIPA UNM, tim ini menjadi tim pertama yang diketuai oleh mahasiswa dari Prodi Statistika yang tembus PIMNAS. Capaian sebelumnya, mahasiswa Prodi Statistika menjadi anggota pada tim dari prodi di luar statistika.

Di bawah bimbingan Bapak Bobby Poerwanto, S.Pd., M.Si, tim ini mengangkat topik keterserapan alumni SMKN 5 Gowa melalui pelatihan tracer study dan wawancara kerja. Melalui tracer study, sekolah bisa mengetahui seberapa besar alumni yang telah bekerja, melanjutkan studi, dan yang melakukan wirausaha. Hal ini menjadi penting karena dari pengolahan data ini, sekolah bisa melakukan refleksi, evaluasi, dan identifikasi program kerja yang efektif untuk meningkatkan keterserapan alumni. Di sisi lain, berdasarkan observasi awal, banyak alumni SMKN 5 Gowa yang bermasalah pada wawancara kerja sehingga di kesempatan yang sama diberikan juga pelatihan wawancara kerja untuk membantu para alumni dan siswa tingkat akhir mempersiapkan diri untuk terserap di Industri, Dunia Usaha, dan Dunia Kerja (IDUKA).

PIMNAS ke-37 akan dilaksanakan di Universitas Airlangga, Surabaya pada tanggal 14-19 OKtober 2024. Semua peserta PIMNAS akan kembali melakukan presentasi dan menampilkan poster hasil kegiatan yang selanjutnya akan dinilai langsung oleh para Tim Penilai dari Belmawa Kemendikbudristek

Seluruh civitas akademika Prodi Statistika mengucapkan selamat kepada Tim Tracer dari Prodi Statistika FMIPA Universitas Negeri Makassar atas pencapaian luar biasa ini! Semoga sukses di PIMNAS 37 mendatang.

Leave a Reply