Prodi Statistika FMIPA UNM Berhasil Mendapatkan Pendanaan KMMI dari Kemendikbudristek

Salah satu program yang mendukung Merdeka Belajar-Kampus Merdeka (MBKM) adalah Kredensial Mikro Mahasiswa Indonesia (KMMI) dari Kemendikbudristek. Program ini merupakan shortcourse yang menekankan pada pembelajaran praktis baik hardskills ataupun softskills. Dalam pelaksanaannya, course nantinya akan diajarkan oleh dosen dan praktisi industri sehingga selain mengetahui konsep dan praktik, mahasiswa juga akan diajarkan tentang permasalahan yang terjadi di industri dan bagaimana cara penyelesaiannya.

Prodi Statistika FMIPA UNM merupakan salah satu prodi di UNM yang berhasil mendapatkan pendanaan KMMI dari Kemendikbudristek. Course yang ditawarkan diberi nama “Data Sains untuk Bisnis dan Perkantoran”. Nantinya, Prodi Statistika mendapatkan kepercayaan untuk mengelola 8 kelas dengan masing-masing kelas berjumlah 40 orang. Mahasiswa yang dapat bergabung dapat berasal dari prodi di lingkungan UNM dan dari prodi di luar UNM.

Data Sains saat ini menjadi salah satu bidang yang banyak dibutuhkan baik di industri maupun di pemerintahan. Namun, kendalanya kemudian adalah belum banyak lembaga resmi yang menyediakan course untuk mempelajari data sains. Latar belakang inilah yang membuat Prodi Statistika FMIPA UNM mengusulkan program tersebut. Materi yang dipelajari di course tersebut antara lain machine learning, time series, pengontrolan mutu, regresi serta visualiasi data. Materi-materi ini lahir dari hasil diskusi Prodi Statistika dengan mitra pada program KMMI ini yaitu Kalla Group dan BPS Sulawesi Selatan.

Rangkaian program ini akan dilaksanakan pada Juni-Oktober 2021. Program ini dapat didaftar oleh mahasiswa UNM dan luar UNM. Perkuliahan akan dilakukan secara daring melalui aplikasi LMS Syam-OK UNM.

Leave a Reply