Maharani Endah Rizkita, Wisudawan Terbaik Tingkat Universitas Periode Desember 2021

Diantara 1.000 peserta wisuda kali ini, Program Studi Statistika sekali lagi mencetak lulusan terbaiknya. Maharani Endah Rizkita ditetapkan sebagai wisudawan terbaik dan tercepat Pada Program Sarjana (S1) dengan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) 3,97 dengan masa studi hanya 3 tahun 3 bulan.

Maharani, sapaan akrabnya tercatat sebagai mahasiswa Angkatan 2018. Semenjak semester III di bangku perkuliahan, Maharani mendapatkan kesempatan untuk membantu mendampingi adik-adik mahasiswa sebagai asisten dosen di jurusannya pada beberapa mata kuliah.

“Alhamdulillah, diberikan kesempatan oleh dosen untuk ikut membantu mendampingi adik-adik mahasiswa sembari mengingat kembali pembelajaran terdahulu dan juga membantu untuk memahami materi perkuliahan di semester selanjutnya”, katanya.

Maharani sejak awal kuliah telah menargetkan untuk selesai studi 3,5 tahun. Namun, ia ternyata dapat menyelesaikan 3 bulan lebih cepat dari target awal. Hal ini tidak lepas dari dukungan keluarga, dosen, dan teman. Di samping itu, juga dikarenakan Maharani mengikuti program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) Kampus Mengajar Angkatan 1 yang diusung oleh KEMENDIKBUD-RISTEK. Pada program ini beliau mendapatkan konversi KKN, sehingga pada semester 7 dapat fokus menyelesaikan Tugas Akhir.

Selain fokus dalam penyelesaian studi, Maharani rutin mengikuti kegiatan volunteer tiap bulan di posyandu dekat rumahnya dan sering ikut dalam kegiatan pendataan warga dekat rumahnya.

Terakhir, Maharani berpesan kepada mahasiswa yang masih menjalani masa studi untuk selalu berdoa, berusaha, dan tidak putus asa dalam menyelesaikan proses selama kuliah.

“Ingat orang tua yang sudah memfasilitasi dan selalu memberikan yang terbaik untuk pendidikan kita. Jangan putus asa ketika ada target yang belum dapat dicapai. Percayalah Allah selalu punya rencana terbaik untuk kita”, ungkapnya.

Maharani menyelesaikan studinya dengan mengangkat judul tugas akhir “Analisis Regresi Logistik dengan Metode Penduga Bayes untuk Menentukan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kejadian Preeklampsia pada Ibu Hamil di RSIA Sitti Khadijah 1 Makassar”, yang dibimbing oleh oleh Bapak Prof. Dr. dr. M. Nadjib Bustan, MPH. (Pembimbing 1) dan Ibu Hj. Aswi, S.Pd., M.Si., Ph.D. (Pembimbing 2) dan diuji oleh Bapak Prof. Drs. H. Muhammad Arif Tiro, M.Pd., M.Sc., Ph.D. dan Bapak Zulkifli Rais, S.Pd., M.Si.

Leave a Reply