Dosen Statistika FMIPA UNM Melaksanakan Program Kemitraan Masyarakat Pelatihan Penulisan Artikel Ilmiah dan Manajemen Referensi Bagi Dosen Institut Ilmu Kesehatan Pelamonia Makassar

Makassar | Salah satu tim pengabdian masyarakat Prodi Statistika Universitas Negeri Makassar (UNM) memberikan pelatihan penulisan artikel ilmiah untuk publikasi internasional dan manajemen referensi menggunakan Mendeley. Pelatihan yang dilaksanakan pada tanggal 20 Juli 2022 diketuai oleh Aswi, S.Pd., M.Si., Ph.D bermitra dengan Institut Ilmu Kesehatan (IIK) Pelamonia. Pelatihan yang  dibuka oleh Wakil Rektor I IIK Pelamonia, Asyima., S.ST., M.Kes., M.Keb. ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan dosen dalam penyusunan artikel ilmiah untuk disubmit pada jurnal internasional.

(Narasumber sesi 1 : Aswi, S.Pd., M.Si., Ph.D)

Pelatihan ini terbagi ke dalam 2 sesi dimana pada sesi 1 materi yang dibawakan oleh Aswi, S.Pd., M.Si., Ph.D adalah penulisan artikel ilmiah untuk jurnal internasional bereputasi. Pada sesi ini para dosen diberikan gambaran mengenai bagaimana mencari novelty, mencari referensi jurnal yang sesuai, proses submit manuskrip, hingga bagaimana cara menanggapi komentar dari reviewer. Pada sesi ini juga narasumber menjelaskan tentang pentingnya melakukan publikasi artikel ilmiah pada jurnal internasional bereputasi.

(Narasumber sesi 2 : Bobby Poerwanto, S.Pd., M.Si)

Materi yang tidak kalah penting dan menarik pada sesi 2 yaitu penggunaan manajemen referensi menggunakan Mendeley dibawakan oleh Bobby Poerwanto, S.Pd., M.Si. Penggunaan Mendeley ini akan sangat membantu dosen dan peneliti dalam mengelola referensi pada proposal ataupun karya ilmiah dengan berbagai style penulisan yang berlaku internasional. Pada sesi ini, dosen diberikan kesempatan untuk praktikum langsung dengan didampingi oleh Bapak Muh. Fahmuddin, S.Pd., M.Stat dan beberapa mahasiswa Prodi Statistika FMIPA UNM mulai dari instalasi, registrasi hingga penggunaannya. Selain itu, pada sesi ini, narasumber juga bercerita mengenai pengalaman lolos hibah penelitian DRTPM Kemdikbudristek khususnya terkait memilih referensi yang sesuai dan berkualitas untuk memperkuat nilai dari proposal penelitian yang akan diusulkan.

Leave a Reply