Seminar Nasional Variansi IV

Senin, 10 Oktober 2022, dihari lahir yang ke-8 Prodi Statistika FMIPA UNM sukses menggelar Seminar Nasional Venue Artikulasi-Riset, Inovasi, Resonansi Teori, dan Aplikasi Statistika (Variansi) IV secara blended luring dan daring.  Kegiatan ini dibuka secara resmi oleh Dekan FMIPA UNM, Drs. Suwardi Annas, Ph.D dan Ketua FORSTAT  Yudhie Andriyana, M.Sc., Ph.D atas terselenggaranya seminar Variansi yang mengusung tema “Tantangan Riset Inovasi Statistika untuk Mendukung Pengembangan Multiskills dan Boundaryless Career sesuai Era Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM)”.

Pada tanggal 9 Oktober 2022 diselenggarakan workshop yang bertema Structural Equation Modeling dengan narasumber Ibu Dr. Ruiana, S.Pd., M.Si yang juga merupakan Ketua Prodi Statistika FMIPA UNM. Variansi kali ini juga menghadirkan empat peneliti dan akademisi hebat sebagai narasumber pada seminar nasional yang dilaksanakan pada tanggal 10 Oktober 2022, yakni: Prof. Setia Pramana, S.Si., Ph.D. dari Badan Pusat Statistik (BPS) RI, Prof. Dr. I Nyoman Budiantara, M.Si. dari Institut Teknologi Sepuluh November Surabaya, Dr. Anang Kurnia, M.Si. dari Institut Pertanian Bogor (IPB) dan Aswi, M.Si., Ph.D. Universitas Negeri Makassar (UNM).

Ketua panita Variansi IV yakni Bobby Poerwanto, S.Pd., M.Si melaporkan banyaknya pendaftar seminar Nasional Variansi IV Prodi Statistika UNM yang terdaftar sampai pada sore hari kemarin adalah sekitar 152 peserta dan pemakalah paralel. Peserta dan pemakalah adalah mahasiswa S1, S2 dan dosen dari berbagai Perguruan tinggi, Instansi Pemerintah, perguruan tinggi yang tersebar di seluruh Indonesia diantaranya UNM Makassar, IPB university, Universitas Andalas, Universitas Pattimura, Universitas Negeri Padang, Universitas Muhammadiyah Sorong, Universitas Halu Oleo, Universitas Negeri Gorontalo, Universitas Bengkulu, Universitas Airlangga, Universitas Negeri Semarang, Universitas Negeri Yogyakarta dan Universitas Timor.

Dekan FMIPA UNM, Drs. Suwardi Annas, Ph.D., mengapresiasi kerja keras Prodi Statistika yang telah menggelar seminar nasional secara blended daring dan luring, khususnya karena materi presentasi para narasumber yang dinilai penting untuk mendukung kesuksesan menghadapi tantangan penelitian di Era Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM). Dekan FMIPA memberi ucapan selamat kepada Prodi Statistika atas perayaan hari jadi yang ke-8. Sebagai prodi termuda di lingkup FMIPA UNM, Prodi Statistika telah berhasil menjadi prodi dengan jumlah peminat terbanyak di lingkungan FMIPA UNM tahun ini.

Leave a Reply