Edukasi Covid-19 berdasarkan Data: Tim Mahasiswa Prodi Statistika UNM Mendapatkan Penghargaan The Best of Creativity

Tim dari Prodi Statistika FMIPA UNM berhasil membawa pulang penghargaan “The Best of Creativity” pada kompetisi Statistika Ria dan Festival Sains Data (SATRIA DATA) tahun 2023 untuk kategori lomba Statistics Infographic Competition (SIC) yang dilaksanakan oleh Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas) Kemdikbudristek. Rangkaian kegiatannya dimulai dengan babak penyisihan di bulan Juni 2023 dan tahap final pada tanggal 20 – 24 Agustus 2023 di Universitas Brawijaya, Malang.

Tim yang diketuai oleh Ajriansyah yang juga merupakan ketua Himpunan Prodi Statistika FMIPA UNM ini beranggotakan A. Sulfiana Haris dan Sri Sulastri membuat infografis dengan judul “Tahun 2021, Masa Terpuruk Indonesia: Sebaran Wabah Covid-19 dan Faktor Risikonya”. Karya ini dibuat dilatarbelakangi keresahan tim atas wabah covid-19 yang melanda dunia, khususnya Indonesia dimana Indonesia menempati urutan ke-13 di dunia, dan urutan ke-4 di Asia dengan jumlah kasus tertinggi sehingga dibutuhkan upaya-upaya dari lintas disiplin ilmu untuk mencegah dan mengurangi jumlah kasusnya

Gambar 1. Dosen Pembimbing beserta mahasiswa tim Prodi Statistika dalam Acara SATRIA DATA 2023

Prestasi ini diharapkan mampu berkontribusi pada peningkatan Indikator Kinerja Utama (IKU 2) yaitu kegiatan mahasiswa di luar kampus untuk kategori prestasi nasional, dan mampu berkontribusi pada pemeringkatan kemahasiswaan melalui SIMKATMAWA.

Selain itu, prestasi ini juga diharapkan dapat menginspirasi mahasiswa-mahasiswa Prodi Statistika FMIPA UNM yang lain untuk terus belajar dengan tekun sehingga mampu bersaing secara nasional melalui kompetisi SATRIA DATA ataupun kompetisi yang lain.

Gambar 2. Dosen Pembimbing beserta mahasiswa tim Prodi Statistika dalam Acara SATRIA DATA 2023

Leave a Reply