Prodi Statistika FMIPA UNM Mengikuti Workshop Penyusunan RPS Berbasis Case Method/PJBL dan Kewirausahaan

Makassar, 11-12 Mei 2024 – Program Studi Statistika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Makassar mengikuti workshop penyusunan Rencana Pembelajaran Semester (RPS) berbasis Case Method/Project-Based Learning (PJBL) dan kewirausahaan di Hotel Remcy, Makassar bersama dengan Jurusan/Prodi lain yang ada di FMIPA UNM. Kegiatan yang berlangsung selama dua hari ini dihadiri oleh Dekan dan para Wakil Dekan FMIPA UNM, beserta dosen-dosen perwakilan dari Jurusan/Prodi yang ada di FMIPA UNM. Kegiatan ini bertujuan untuk mengembangkan RPS dan mengoptimalkan Learning Management System (LMS) Syam Ok sebagai upaya mengoptimalkan pencapaian Indikator Kinerja Utama (IKU) 7.

Foto bersama Pimpinan Fakultas dan Para Dosen FMIPA UNM

Dalam sambutannya, Dekan FMIPA UNM Prof. Suwardi Annas, M.Si., PhD., menyatakan pentingnya inovasi dalam penyusunan RPS dan pemanfaatan LMS untuk meningkatkan kualitas pembelajaran. “Workshop ini adalah langkah strategis untuk memastikan RPS kami tidak hanya berbasis teori, tetapi juga aplikasi praktis dan keterampilan serta semangat kewirausahaan. Hal ini akan mendukung mahasiswa dalam menghadapi tantangan dunia kerja”

Selain pengembangan RPS, kegiatan ini juga fokus pada perbaikan konten-konten penting di LMS Syam Ok. Para dosen dilatih untuk memperbarui dan mengoptimalkan materi ajar di LMS guna meningkatkan interaktivitas dan efektivitas pembelajaran online. “Optimalisasi LMS Syam Ok merupakan bagian dari upaya kami untuk mencapai IKU 7, yaitu meningkatkan kualitas pembelajaran.

Para peserta workshop juga berdiskusi dan berbagi pengalaman tentang implementasi RPS berbasis Case Method/PJBL. Diharapkan, hasil dari workshop ini akan segera diterapkan dalam perkuliahan di Prodi Statistika FMIPA UNM pada semester mendatang, memberikan dampak positif terhadap kualitas pendidikan dan kesiapan lulusan menghadapi dunia kerja.


Foto Pimpinan Fakultas bersama dengan Dosen dan Admin Prodi Statistika FMIPA UNM


Dengan adanya kegiatan ini, Prodi Statistika FMIPA UNM menunjukkan komitmennya untuk terus berinovasi dalam metode pembelajaran dan pemanfaatan teknologi pendidikan, guna menciptakan lulusan yang unggul dan berdaya saing tinggi di era globalisasi.

Leave a Reply