Seminar Nasional Variansi III Tahun 2020

Sabtu, 10 Oktober 2020, dihari lahir yang ke-6 Prodi Statistika FMIPA UNM sukses menggelar Seminar Nasional Venue Artikulasi-Riset, Inovasi, Resonansi Teori, dan Aplikasi Statistika (Variansi) III secara virtual. Kegiatan ini dibuka secara resmi oleh Rektor Universitas Negeri Makassar, Prof. Dr. Husain Syam, M.Tp. Rektor UNM mengapresiasi Prodi Statistika FMIPA UNM atas terselenggaranya seminar Variansi yang mengusung tema “Peran Literasi Satistika di Era Kebiasaan Baru”. “Statistika memang merupakan ilmu yang sangat penting, karena tidak ada kehidupan tanpa statistika.” Ungkap Rektor UNM.

Variansi kali ini menghadirkan empat peneliti dan akademisi hebat sebagai narasumber, yakni: Dr. Margaretha Ari Anggorowati, M.T. dari Badan Pusat Statistik, Prof. Dr. Khairil A. Notodiputro dari Institut Pertanian Bogor, Prof. Dr. Anna Permanasari, M.Si. dari Universitas Pendidikan Indonesia, dan Prof. Muhammad Arif Tiro, Ph.D dari Universitas Negeri Makassar.

Ketua panita Variansi III yakni Aswi, S.Pd., M.Si., Ph.D, melaporkan banyaknya pendaftar seminar Nasional Variansi III Prodi Statistika UNM yang terdaftar sampai pada sore hari kemarin adalah sekitar 600 peserta dan pemakalah paralel (560 peserta dan 26 pemakah). Peserta dan pemakalah adalah mahasiswa S1, S2, S3 dan dosen dari berbagai Perguruan tinggi, Instansi Pemerintah dan rekan rekan guru sekolah baik SD, SMP/MTS maupun SMA/SMK. Tercatat 70 perguruan tinggi yang tersebar di seluruh Indonesia diantaranya UNM Makassar, UGM Yogyakarta, IPB Bogor, ITB Bandung, ITS Surabaya, UPI Bandung, Universitas Islam Indonesia Yogyakarta, Universitas  Halu Oleo Kendari, UNHAS Makassar, Universitas Brawijaya Malang, Universitas Negeri Gorontalo, Universitas Syiah Kuala Aceh, Universitas Muhammadiyah Semarang, Universitas Mulawarman, Universitas Negeri Medan, Universitas Pattimura Ambon, Universitas Lampung dan universitas lainnya, 2 SD, 5 SMP/MTS, 6 SMA dan Badan Pusat Statistik dari 5 provinsi (BPS Pusat, BPS Provinsi Jawa Barat, BPS Provinsi Kalimantan Barat, BPS Provinsi Nusa Tenggara Timur, BPS Provinsi Sulawesi Selatan dan termasuk BPS Kabuten Enrekang).

Dekan FMIPA UNM, Drs. Suwardi Annas, Ph.D., mengapresiasi kerja keras Prodi Statistika yang telah menggelar seminar nasional secara daring, khususnya karena materi presentasi para narasumber yang dinilai penting untuk mendukung kesuksesan menghadapi tantangan penelitian di masa pandemi Covid-19. Dekan FMIPA memberi ucapan selamat kepada Prodi Statistika atas perayaan hari jadi yang ke-6. Sebagai prodi termuda di lingkup FMIPA UNM, Prodi Statistika telah berhasil menjadi prodi dengan jumlah peminat terbanyak di lingkungan FMIPA UNM tahun ini (Reporter: Staf Administrasi Statistika).

Leave a Reply