Laksanakan Asesmen Lapangan LAMSAMA Secara Luring, Prodi Statistika FMIPA UNM Harap Hasil Terbaik

Makassar | Akreditasi merupakan pembuktian formal bahwa suatu prodi pada perguruan tinggi memiliki kompetensi. Program Studi (Prodi) di lingkungan perguruan tinggi sebagai satuan pendidikan memiliki sebuah keharusan untuk meningkatkan akreditasi yang sudah baik, kerena Prodi sendiri merupakan unsur pelaksana akademik yang melaksanakan pendidikan profesional dan bila memenuhi syarat dapat melaksanakan pendidikan akademik program sarjana dan program pascasarjana. Program Studi Statistika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Negeri Makassar melaksanakan asesmen lapangan oleh Lembaga Akreditasi Mandiri Sains Alam dan Ilmu Formal (LAMSAMA).

Visitasi dan asesmen lapangan akreditasi dilakukan secara luring (offline) pada Rabu-Kamis (24-25 November 2022) dengan menghadirkan dua orang Asesor LAMSAMA, yaitu Prof. Dr. Budi Nurani Ruchjana, M.S. dari Universitas Padjajaran dan Dr. Swasono Rahardjo, M.Si. dari Universitas Negeri Malang. AL luring yang dilaksanakan selama dua hari ini dibuka oleh Dekan FMIPA UNM Drs. Suwardi Annas, M.Si., Ph.D. Dalam sambutannya sekaligus membuka kegiatan asesmen, beliau menyampaikan, bimbingan dan arahan dari para Assesor juga sangat kami butuhkan dalam pelaksanaan AL selama dua hari ini. Tidak hanya itu, semua civitas akademika harus memiliki peran masing-masing dalam penyusunan borang. Data dan informasi sebagai dokumen borang adalah unsur terpenting suksesnya AL ini. Semoga apa yang sudah kami lakukan bisa dinilai secara positif dengan harapan kami prodi statistika FMIPA UNM mendapatkan hasil yang terbaik.

Hadir pula seluruh jajaran pimpinan dekanat sebagai tim UPPS yakni Wakil Dekan I  Dr. Awi Dassa, M.Si., Wakil Dekan II Dra. Sumiati Side, M.Si., Wakil Dekan III Drs. H. Sukri Nyompa, S.H., M.Si., Ph.D., dan Wakil Dekan IV Dr. Andi Asmawati Azis, M.Si. Turut pula hadir Ketua MBKM Universitas Dr. Khaeruddin, S.Pd, M.Pd, Ketua Lembaga Unit Penjaminan Mutu FMIPA UNM Prof. Hartati, S.Si., M.Si., Ph.D., Ketua Jurusan dan Ketua Prodi se-FMIPA UNM, para dosen prodi Statistika dan Tenaga Pendidik di lingkungan FMIPA UNM. Tidak hanya itu proses AL juga melibatkan peran dari para alumni dan penggunanya (stakeholder).

Pelaksanaan asesmen lapangan sendiri dilaksanakan berdasarkan hasil keputusan rapat Dewan Eksekutif LAMSAMA tentang hasil asesmen kecukupan prodi Statistika FMIPA UNM. Dalam pelaksanaannya tim dari Prodi Statistika dan seluruh jajaran pengelola Fakultas telah menyiapkan semua dokumen terkait pelaksanakan AL secara luring ini. Tidak hanya laporan dalam bentuk hardcopy, tim prodi juga menyiapkan dokumen dalam bentuk softfile yang dibuat secara online sehingga memudahkan tim akreditasi dalam menjawab dan menunjukkan dokumen atau bukti-bukti kegiatan kepada asesor.

Hasil dari Asesmen Lapangan Prodi Statistika ini nantinya akan diumumkan beberapa minggu kedepan setelah melalui tahapan verifikasi lagi, yaitu pemeriksaan oleh validator, dewan eksekutif LAMSAMA. Semoga hasil akhirnya nanti bisa mendapatkan nilai yang terbaik.

Leave a Reply